Pendidikan Tasamuh di Pesantren

Judul : Pendidikan Tasamuh di Pesantren

Penerbit : Uqipress

ISBN : Proses

Tahun :-

Penulis : Syamsul Rizal Mz

Sinopsis:

Toleransi atau tasamuh dalam konteks Islam pada akhir-akhir ini menjadi isu yang sangat hangat dan banyak dibicarakan di media-media nasional dan internasional. Hal ini dipicu dengan banyaknya peristiwa di masyarakat terkait dengan sikap intoleransi yang dilakukan sebagian golongan atau kelompok yang berafiliasi dengan suatu agama atau organisasi masyarakat tertentu.
Umat Islam yang merupakan salah satu umat terbanyak terutama di indonesia tidak lepas mendapatkan dampaknya, bahkan muncul anggapan dan tuduhan yang tidak berdasar bahwa Islam adalah agama radikal, intoleran dan mengajarkan kekerasan pada umat yang lain. Hal ini muncul karena ketidaktahuan mereka tentang Islam yang sesungguhnya, ditambahkan ada oknum-oknum dari orang Islam yang berpikiran sempit dan jumud yang melakukan tindakan intoleransi, membuat streotif negatif yang dialamatkan kepada Islam semakin luas.
Padahal Islam adalah agama yang sangat toleran dan menghargai hak-hak orang lain, tidak hanya terkait dengan hak-hak sosial akan tetapi juga terkait dengan keyakinan dan pelaksanaan ritual ibadah bagi agama lain. Nilai-nilai tasamuh tersebut bisa kita gali dari al-Qur’an sebagai kitab sucinya umat Islam dan sunnah-sunnah Rasul. Buku ini hadir dan ditulis untuk membuka mata hati kita dan orang lain bahwa Islam yang sangat menghormati umat lain dan mewajibkan umatnya untuk mengimplementasikan sikap-sikap tasamuh di masyarakat. Nilai-nilai sikap tasamuh yang dijelaskan pada buku ini diambil dari ajaran-ajaran dari Al-Qur’an dan juga hadits-hadits Nabi baik yang berupa hadits qauli maupun fi’li. Dijelaskan pula bagaimana praktik para sahabat dan ulama-ulama khususnya para Wali Songo di Indonesia dalam mengamalkan nilai-nilai tasamuh ini. Ajaran dan sikap tasamuh ini masih terus dipelihara dan dijaga dari generasi ke generasi melalui program pendidikan salah satunya adalah di pesantren. Dibuku ini juga dipaparkan penelitian yang dilakukan oleh penulis terkait dengan pendidikan tasamuh yang dilakukan oleh pesantren serta bagaimana model pendidikannya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *