PENDIDIKAN AKHLAK (ANALISIS PEMIKIRAN BUYA HAMKA)

Judul : Pendidikan Ahklak

(Analisis Pemikiran Buaya Hamka)

Penerbit : Uqipress

ISBN : Proses

Tahun :-

Penulis : Fuad Ahmad Rivai, S.Th.I., M.Pd.I.

Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan panggilan Buya Hamka merupakan salah satu ulama kharismatik dari Indonesia. Guru bangsa yang sangat besar jasanya bagi bangsa Indonesia ini, dakwah-dakwah beliau tidak hanya disampaikan secara lisan akan tetapi banyak pula yang dicurahkan dalam bentuk tulisan baik berupa buku maupun artikel dalam surat kabar pada saat itu. Tulisan-tulisan beliau banyak berbicara banyak hal mulai dari tasawuf, pendidikan, keagamaan hingga novel. Dan Buku ini merupakan salah satu upaya dari penulis untuk menggambarkan pemikiran beliau terkait dengan pendidikan akhlak. Penulis buku berusaha bagaimana menyajikan pikiran-pikiran beliau secara sistematis tentang pandangannya terkait pendidikan akhlak yang beliau tuliskan dalam berbagai buku.  Mengingat pendidikan akhlak itu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan Islam, dan beliau adalah seorang ulama yang sangat konsen terhadap pendidikan di indonesia terutama bagaimana membentuk generasi muda Indonesia yang berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Dalam buku ini juga penulis menjelaskan pemikiran-pemikiran para ulama terdahulu seperti Ibn Miskawaih dan Imam Ghazali untuk melihat korelasi dan pengaruhnya terhadap pemikiran Buya Hamka tentang pendidikan akhlak.

Di Akhir bab juga penulis menuliskan beberapa metode dalam mengimplementasikan pendidikan akhlak di lembaga pendidikan baik di sekolah maupun di madrasah dan teknik evaluasinya sehingga buku ini bisa menjadi rujukan bagi para guru ataupun pendidik di mana saja yang ingin membentuk siswanya agar memiliki akhlak yang baik dan mulia.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *